Hubungan Kekerabatan


KEKERABATAN
Kelompok keturunan adalah semacam kelompok kekerabatan, yang kriteria keanggotaannya adalah keturunan dari nenek moyang tertentu, yang sungguh-sungguh ada atau yang hanya ada dalam mitologi. Garis keturunan mungkin ditarik secara eksklusif melalui laki-laki atau melalui perempuan, atau melalui salah satu dari keduanya.
Berbagai macam kelompok keturunan merupakan sarana yang luwes untuk memecahkan masalah yang biasa dihadapi oleh masyarakat manusia kebutuhan untuk mempertahankan keutuhan sumber daya yang tidak dapat dibagi tanpa menghancurkannya, kebutuhan untuk menyediakan tenaga kerja lebih banyak daripada yang dapat disediakan oleh keluarga, kebutuhan para anggota suatu kelompok berdaulat lokal untuk dapat minta bantuan dan perlindungan dari kelompok lokal lain.

Macam Kekerabatan
1. keturunan Unilineal kadang-kadang disebut keturunan secara ekslusif melalui laki-laki saja atau perempuan saja.
2. Keturunan dan organisasi PatrilinealKeturunan patrilineal ( kadang-kadang disebut keturunan agnatik atau laki-laki) adalah sistem yang umum dan lebih tersebar luas.Para anggota laki-laki kelompok keturunan patrilineal menarik garis keturunan mereka dari nenek moyang bersama melalui orang laki-laki.
3. keturunan dan organisasi matrilinealDari satu segi keturunan matrilineal adalah kebalikan keturunan patrilineal Keturunan matrilineal dihitung menurut garis perempuan. Pola matrilineal berbeda dengan pola patrilineal, karena keturunan tidak meliputi kekuasaan.
Jadi masyarakat patrilineal bersifat patriarkat, sedangkan masyarakat matrilineal tidak bersifat matriarkat. Meskipun keturunan melalui garis perempuan, dan anak perempuan mungkin penting dalam banyak hal, mereka tidak memegang kekuasaan yang sebenarnya dalam kelompok keturunan. Laki-lakilah yang memegang kekuasaan. Laki-laki tersebut adalah saudara laki-laki dan bukan suami dari istri yang termasuk garis keterunan.
4. Keturunan ganda Sistem yang menghitung keturunan untuk beberapa keperluan menurut garis matrilineal dan untuk keperluan lain menurut garis patrilineal.
5. Keturunan Ambillineal Keturunan unilineal merupakan cara yang mudah untuk membatasi keanggotaan kelompok, sehingga dapat menghindari masalah-masalah seperti loyalitas yang mendua. Keturunan ambilineal; keturunan di mana orang dapat memilih menggabungkan diri dengan kelompok keturunan ibu atau ayah.

Tugas  yang dilaksanakan oleh kelompok keturunan itu bermacam-macam
Di samping berfungsi sebagai unit ekonomi dengan memberi bantuan timbal balik kepada para anggotanya, kelompok keturunan dapat memberi bantuan kepada orang lanjut usia dan orang sakit atau membantu dalam perkawinan dan kematian, Kelompok keturunan itu juga memegang peranan dalam menentukan dengan siapa orang boleh dan tidak boleh kawin.
Kelompok keturunan juga dapat berfungsi sebagai penyimpan tradisi keagamaan, pemujaan arwah nenek moyang, misalnya merupakan sarana yang penting yang memperbesar solidaritas kelompok.

Lineage, kelompok keturunan yang merupakan badan resmi, yang para anggotanya mengaku sebagai keturunan seorang leluhur bersama dan dapat menelusuri hubungan genealogis dengan leluhur itu.

Klen, kelompok keturunan bukan badan resmi, yang tiap-tiap anggotanya mengaku keturunan dari seorang leluhur bersama tanpa mengetahui sungguh-sungguh hubungan genealogis dengan leluhur tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hubungan Kekerabatan"

Post a Comment