Cleopatra

Ketika Kleopatra pergi dari Mesir, Pompeyterlibat dalam perang saudara dengan Romawi. Pompey mengalami kekalahan dan melarikan diri ke Alexandria, Mesir untuk mencari perlindungan. Ptolemeus saat itu masih berusia muda. Pompey dibunuh oleh Ptolemeus, yang berada di kapal yang baru saja ia turuni. Ptolemeus berpikir bahwa dengan memenggal Pompey  ia dapat menyenangkan Julius Caesar. Namun hal tersebut merupakan kesalahan. Mengetahui Pompey melarikan diri ke Alexandria, Mesir. Caesar juga berangkat pergi ke Alexandria untuk menangkap Pompey. Ketika Caesar tiba di Mesir, Ptolemeus memberikan kepala Pompey yang ia penggal. Caesar yang melihat hal ini sangat marah. Mengetahui Mesir juga sedang bersengketa antar saudara, Caesar tinggal di Mesir dan menjadikan dirinya sebagai penengah dalam pertentangan antara Ptolemeus dan Kleopatra. Mengetahui kedatangan Caesar di Mesir Sebagai penengah pertentangan antara bersaudara, Kleopatra mengambil kesempatan ini dan mencoba kembali ke istana dengan bantuan pelayannya yang setia, mengendap-endap  untuk bertemu dengan Caesar. Diyakini bahwa Caesar akan dapat membantunya merebut tahta penguasa Mesir dari adiknya Ptolemeus. Caesar terkejut dengan kedatangan Cleoptara dan seketika itu juga Caesar langsung tertarik oleh kecantikan Cleopatra. Kleoptra mulai berbicara dan berunding dengan Caesar untuk membantunya mendapatkan tahta penguasa Mesir dari adiknya Ptolemeus.

Beberapa hari kemudian saat malam hari Caesar mengadakan penyerang ke Alexandria dan mendesak pasukan dari Ptolemeus dan membakar sebagian kota Alexandria. Pasukan dari Ptolemeus semakin terdesak dan Akhirnya kota Alexandria berhasil dikuasai oleh Romawi. Karena posisi Romawi hanya sebagai penengah antara perebutan tahta antara Ptolemeus dan Kleopatra, sesuai dengan kesepakatan saat kleopatra bertemu Caesar, Kleopatra diangkat menjadi penguasa Mesir. Setelah itu mereka menikah dan mendapat anak laki-laki yang diberi nama Caesarion.

Setelah lama di Mesir Caesar pulang ke Roma dan disambut sangat meriah. Dan juga telah tersebar di Roma bahwa Caesar telah menikah dengan Kleopatra dan sudah mempunyai anak laki-laki. Mendengar kabar ini para senat merasa tidak senang, mereka berencana membunuh Caesar. Saat Caesar datang ke tempat para senat untuk mendiskusikan pengangkatan gelar dirinya sebagai penguasa seluruh Romawi tiba-tiba dia ditikam dari belakang oleh para senat. Dan mendengar kabar bahwa Caesar telah meninggal Kleopatra kembali ke Mesir dan membawa anaknya Caesarion sang penerus tahta juga ke Mesir.

Beberapa tahun telah berlalu, Mark Anthony prajurit kesetiaan Caesar telah menangkap dan mengeksekusi senat yang telah membunuh Caesar. Setelah itu Mark Anthony berkoalisi atau bekerja sama dengan Octavius untuk memimpin Romawi. Mark Anthony memanggil Kleopatra untuk datang menemui dirinya bermaksud untuk menanyai ia tentang kesetiaannya pada Caesar, selain itu ia juga bermaksud untuk Kleopatra mendukung Mark Anthony dalam perang dengan meminta sejumlah biaya. Dan waktu itu juga Mark Anthony merasa terpikat oleh Cleopatra. Setelah Mark Anthony berhasil memenangkan perang di Parthia ia tinggal di Alexandria bersama Cleopatra dan menikah menurut ritus Mesir. Sikap Mark Anthony ini dianggap buruk oleh Romawi sehingga Octavius membujuk para anggota senat untuk berperang melawan Mesir, usulan Octavius ini pun disetujui oleh senat Romawi. Sehingga terjadilah perang antara Romawi dan Mesir.

Pada perang pertama pasukan Mesir yang dipimpin oleh Mark Anthony menghadapi pasukan Romawi melalui perang angkatan laut di lepas pantai Actium. Dalam perang ini Mark Anthony mengalami kekalahan dan dianggap Mark Anthony tewas dalam pertempuran ini. Namun ia masih hidup dan kecewa dengan sikap Kleopatra ketika meninggalkannya. Setelah kekalahan dalam perang angkatan laut pasukan Romawi telah sampai di daratan Mesir. Dalam perang ini juga pun pasukan yang dipimpin oleh Mark Anthony mengalami kekalahan, sehingga pasukan Romawi berhasil mengepung istana Mesir melihat kekalahan sudah di depan mata Mark Anthony menikam dirinya sendiri bermaksud untuk bunuh diri. Melihat kematian Mark Antony, Kleopatra juga ikut bunuh diri dengan cara membiarkannya dirinya digigit oleh ular berbisa yang berada dalam sebuah bakul. Sementara anak Kleopatra yang bernama Caesarion tertangkap oleh pasukan Romawi dan dieksekusi.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cleopatra"

Post a Comment