Pengertian atau Definisi Tentang Kebudayaan

Source: Wikimedia.org


Kebudayaan = Cultuur (bahasa Belanda), Culture= (bahasa Inggris) berasal dari perkataan Latin “Colere” yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan terutama mengolah tanah atau bertani. Dari segi arti ini berkembanglah arti culture sebagai “segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam”

Dilihat dari sudut bahasa Indonesia, kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta “buddhayah”, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi atau akal.

Pendapat lain mengatakan, bahwa “budaya” adalah sebagai suatu perkembangan dari kata majemuk budi-daya, yang berarti daya dari budi, karena itu yang membedakan antara budaya dan kebudayaan. Budaya adalah daya dari budi yang berupa cipta, karsa, dan rasa sedangkan kebudayaan, adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa tersebut.

Tentang mengenai definisi kebudayaan, banyak orang-orang yang mencoba untuk menerangkan, atau setidaknya telah menyusun definisinya. Seperti E.B Tylor mendefinisikan kebudayaan adalah keseluruhan kompleks, yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan yang lain, serta kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyarakat.

Definisi lain dikemukakan R. Linton dalam bukunya “The Cultural Background of Personality”, bahwa kebudayaan adalah konfigurasi dari tingkah laku yang dipelajari dan hasil tingkah laku yang unsur-unsur pembentuknya didukung dan diteruskan oleh anggota dari masyarakat tertentu.

Melville Herscovits, ahli antropologi dari Amerika memberi definisi yang singkat, bahwa kebudayaan yaitu “Man Made Part of the environment” (bagian dari lingkungan buatan manusia)

Sutan Takdir Alisyahbana: “Kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir”

Moh. Hatta: “Kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa”

Prof. Kuntjaraningrat: “kebudayaan adalah keseluruhan dari kelakuan yang harus didapatnya dengan belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat”

Dawson, dalam bukunya “Age of the Gods”, kebudayaan adalah cara hidup bersama (Culture is a common way of life).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian atau Definisi Tentang Kebudayaan"

Post a Comment